Sela Kerja

10 Gerakan Olah Raga Ringan Di Kantor

10 Gerakan Olah Raga Ringan Di Kantor

BUMNinsight.co.id - Siapa bilang saat di kantor Sobat iNsight tidak bisa berolahraga? Olahraga ternyata bisa Sobat iNsight lakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk di kursi tempat Sobat iNsight bekerja. Duduk terlalu lama saat bekerja dapat membuat otot Sobat iNsight tegang, sehingga mengakibatkan nyeri pada bagian otot tertentu seperti leher dan punggung. Jika berlangsung dalam waktu lama, kebiasaan ini dapat menganggu kesehatan dan pekerjaan.

Untuk mencegah hal ini, Sobat iNsight dapat melakukan olahraga di kantor agar menjaga tubuh tetap bugar dan sehat selama bekerja. Berikut 10 cara olahraga di kantor yang bisa Sobat iNsight coba:


Warm Up
Sobat iNsight bisa mulai olahraga di kantor dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya, sambil duduk di kursi Anda, lakukan peregangan pada jemari Sobat iNsight, kemudian buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki, lanjutkan dengan peregangan otot leher dengan menariknya ke arah dada Sobat iNsight dengan perlahan.

Side Neck Stretches
Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot leher dan menghindarkan Sobat iNsight dari nyeri leher akibat duduk terlalu lama. Caranya, Duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.

Shoulder Shrug
Bahu merupakan daerah yang seringkali mengalami nyeri saat Sobat iNsight melakukan aktivitas. Contoh gerakan untuk mencegah nyeri bahu adalah, duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.

Chair Sit To Stand
Ini adalah contoh olahraga di kantor yang mudah bagi Sobat iNsight. Cukup berdiri kemudian duduk, dan berdiri lagi, lakukan selama 30 menit. Gerakan ini baik untuk melatih keseimbangan tubuh Sobat iNsight.

Swimming Exercise
Gerakan latihan ini sama dengan gerakan pada saat Sobat iNsight berenang. Dengan posisi duduk, gerakkan tangan seperti sedang melakukan renang dengan gaya dada ataupun gaya punggung.

Back Side-Stretch
Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa pegal di bagian punggung akibat duduk terlalu lama. Caranya, duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung.

Jumping Rope
Sobat iNsight pernah lompat tali? Anda dapat melakukannya di kursi Anda. caranya, dalam posisi duduk, angkat kaki Anda secara bersamaan seolah-olah Anda melakukan lompat tali. Latihan ini baik untuk melatih otot kaki.

Middle Back Stretch
Merupakan latihan yang baik untuk melatih bahu dan lengan secara bersamaan, sehingga terhindar dari kram atau kesemutan. Caranya, duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik dan ulangi untuk siku sebelah kanan.

Back And Leg Curl
Untuk meregangkan otot lutut dan paha Sobat iNsight bisa melakukan gerakan ini. Caranya, saat duduk di kursi, pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. Ulangi untuk kaki sebelah kiri.

Leg lift
Bermanfaat untuk meregangkan otot paha dan betis secara bersamaan. Caranya, duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Turunkan kaki kembali, dan ulangi gerakan dengan kaki kiri.


Mudah bukan? Apapun kondisinya, Sobat iNsight tidak bisa melewatkan waktu berolahraga begitu saja, termasuk saat sedang memiliki kesempatan untuk melakukan olahraga di kantor. Kesehatan tubuh adalah yang utama, yang hanya bisa didapatkan jika Sobat iNsight membiasakan diri untuk berolahraga di mana saja dan kapan saja.
Selamat berlatih!